Serba Serbi Varietas Anakan Ikan Guppy hingga Perawatannya | Sale Guppy Fish Indonesia


Ikan hias guppy kini begitu popular sekali di seluruh penjuru dunia.  Entah itu dari Jerman, Taiwan, Perancis, Italia, Thailand, Japan, Singapore, Brazil, USA, dan berbagai negara yang lain. Ikan guppy ini berukuran kecil, namun sirip ekornya lebar. Untuk jenisnya sendiri ada banyak. Karena itulah membuatnya terlihat lebih cantik.

Bentuknya yang begitu indah inilah membuatnya sering dijadikan sebagai pilihan utama bagi pecinta ikan hias di dalam aquarium mereka. Dibandingkan ikan hias yang lainnya, ikan guppy inilah yang paling mudah proses pemeliharaannya. Selain itu, daya tahan hidupnya juga lebih kuat. Tak hanya itu saja, cara budidayanya sendiri juga sangat mudah. karena itulah membuatnya begitu popular.
Seperti apa sih ikan guppy itu?
Sebenarnya ikan guppy ini adalah ikan rawa yang memiliki nama latin, bernama poecilia reticulata Guppy. Ikan ini tidak begitu menuntut terhadap lingkungan air hidupnya. Karena yang mereka butuhkan hanyakan air yang cukup dengan oksigen dan makanan. Sehingga, dengan 2 hal itulah membuatnya dapat berkembang biak dengan baik.
Untuk dapat membelinyapun juga sangat murah sekali. Karena, untuk harga jual anakan ikan guppy per ekornya hanyalah sebesar 2 ribu rupiah sampai dengan 5 ribu rupiah saja. Namun, dengan seiring berjalannya waktu, saat ini ikan guppy bernilai tinggi. Bahkan, untuk setiap pasangnya ada yang dijual sampai dengan 5 juta untuk setiap pasangnya.
Macam-Macam Ikan Hias Guppy
Varian type dari ikan hias ini cukup banyak. Semuanya dikategorikan berdasarkan ukuran ekor dan bentuknya. Misalnya saja, seperti berjenis ekor pendek yang disebut juga dengan short tail. Kemudian ada sword tail atau si ikan ekor panjang, dan juga ekor lebar atau disebut juga dengan wide tail. Dari berbagai macam jenis inilah yang kemudian dibiakkan lagi agar mendapat varietas yang makin bagus lagi dan makin berwarna. Misalnya saja, seperti swallow atau ribbon.
Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Guppy
Untuk membedakan antara anakan ikan guppy jantan dan betina itu bisa dilihat dari bentuk dan warnanya. Untuk guppy betina umumnya punya ukuran tubuh yang lebih gemuk dan warnanya lebih redup dan tidak begitu cerah. Sedangkan, untuk guppy jantan ini biasanya bentuknya lebih ramping dan memiliki warna yang lebih cerah. Ikan betina yang telah dibuahi ini bisa melahirkan anak hingga 60 ekor anakan.
Pemeliharaan Ikan Guppy
Untuk proses pemeliharaannya anakan ikan guppy ini sangat mudah! anda hanya perlu mengganti air akuariumnya dari 2 minggu sekali sampai dengan 3 minggu sekali. Tergantung dari tingkat kekeruhan airnya. Selain itu, suhu airnya juga harus stabil. Yaitu sebesar 15 derajat celcius sampai dengan 27 derajat celcius untuk membuat ikan ini selalu sehat. Untuk makanannya bisa diberikan selama 2x dalam 1 hari. Jadi, jangan terus-terusan diberi makan. Makanannya bisa didapatkan dengan cara alami. Yaitu, dari cacing, jentik-jentik, dan lumut.

Posting Komentar

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.