Perbedaan Ikan Eastern Mosquitofish, Poeciliidae, Poecilia, dan Guppy | Sale Guppy Fish Indonesia


Eastern mosquitofish atau ikan pemakan jentik nyamuk adalah ikan air tawar yang berasal dari amerika selatan. Ikan ini adalah spesies livebearer, dan karena itu betina lebih besar dan lebih bulat daripada jantan.Ikan ini juga memiliki warna terang dengan sirip yang transparan. Karena memiliki ukuran, bentuk, dan kebiasaan reproduksinya yang serupa, dengan mudah bisa disalah artikan sebagai seekor guppy. Perbedaannya adalah ikan ini memiliki motif dalmation serta titik terang pada sirip punggung dan ekornya. Pada betina memiliki ciri khusus garis hitam di sekitar mata.

Eastern mosquitofish dianggap sebagai spesies planktivora yang mengkonsumsi alga dan detritus.
Namun disaat tertentu spesies ini akan beralih dari makanan yang kaya plankton, alga, dan detritus ke satu yang terdiri dari zooplankton, invertebrata lainnya, larva dari banyak spesies, dan hewan yang terkait dengan tanaman. Ikan ini merupakan ikan yang cukup kuat, dikarenakan ikan dapat bertahan didalam air dengan pH yang dapat membunuh ikan lain. Ikan ini lebih suka tinggal di daerah di mana air mengalir dengan kecepatan rendah, jelas dan tanpa tanaman mengambang secara bebas, dan mencari tempat berlindung di tanaman berakar, Jika akosistem lingkungan baik, ikan ini usia ikan dapat mencapai 1-2 tahun.


Poeciliidae atau ikan kapi-kapi juga termasuk ikan air tawar yang berasal dari amerika tenggara. Ikan ini juga sering di sebut ikan guppy, namun pada dasarnya kapi-kapi bukan merupakan salah satu jenis ikan guppy. Hanya saja ukuran ukuran, bentuk, dan kebiasaan reproduksinya yang serupa guppy membuat mereka seperti satu jenis. Jika dilihat dengan seksama antara kapi-kapi dan guppy juga memiliki corak dan warna tubuh yang berbeda.





Poecilia atau biasa juga disebut dengan ikan molly. Ikan ini juga berasal dari daerah perairan amerika. Ikan ini hidup di air tawar dan jiga air asin. Bahkan beberapa ikan telah menyesuaikan diri untuk hidup di perairan yang mengandung kadar sulfida hidrogen yang tinggi.ikan ini memakan serangga, hewan, dan vegetasi yang lebih kecil. Ikan molly yang hidup di air tawar memiliki warna dan pola bintik yang berbeda, seperti bintik hitam, putih, hitam dan putih, oranye, dan oranye dan putih.Untuk ukurannya sendiri, ikan molly dewasa memiliki ukuran yang lebih besar di bandingkan dengan ikan guppy.



Yang terakhir yaitu ikan guppy  atau sering di sebut juga ikan seribu, ikan cere, atau suwadakar (Poecilia reticulata). Ikan guppy sangat populer dikarenakan perawatan dan perkembang biakannya yang mudah. Bahkan di Indonesia sendiri ikan ini dapat di temukan di selokan atau parit-parit kolam.


Banyak sekali penyebutan untuk ikan guppy di Indonesia, seperti gepi, bungkreung, cethul atau cithul, klataw, dan lain-lain.Ikan guppy biasanya hidup di iklim air tawar, namun ikan guppy juga dapat hidup pada iklim dengan salinitas tinggi seperti air laut. Hal ini dikarenakan di dalam air dengan salinitas tinggi, guppy dapat memproduksi lendir yang melapisi kulitnya yang berfungsi untuk menangkal penyakit ataupun bakteri yang menginfeksi melalui air.

Perbedaan Ikan Eastern mosquitofish, Poeciliidae, Poecilia, dan Guppy

This is the most recent post.
Posting Lama

Posting Komentar

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.