Trik: Mengobati Ikan Guppy yang Sakit Dengan Garam Dapur | Sale Guppy Fish Indonesia

Ikan Guppy Sakit, Obat Guppy, Guppy ku Sakit, Apa obatnya, DOkter Hewan GUppySering kita jumpai, tanpa sebab musabab ikan guppy kita lemas dengan ekor dan sirip yang menguncup, padahal sebelumnya sehat-sehat saja.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal itu terjadi, mulai dari kualitas dan kebersihan air, suhu dan PH air, serta makanan guppy yangn nantinya kita berharap mampu menjaga dan meningkatkan kualitas guppy kita semua. amiin.

1. KUALITAS DAN KEBERSIHAN AIR

kualitas dan kebersihan air sangat berpengaruh dalam perkembangan guppy, air yang kotor dapat menyebabkan guppy tersrang penyakit seperti jamur.

Air yang baik untuk guppy adalah air yang sudah di endapkan 1-3 hari, hal ini bertujuan untuk mengendapkan mineral yang berpengaruh buruk terhadap kesehatan ikan.

Suhu dan PH air juga sangat berpengaruh dalam perkembangan kesehatan guppy. Gunakan suhu kamar dan PH air normal agar kesehatan guppy terjamin.

2. FAKTOR MAKANAN

Faktor selanjutnya yang mempengaruhi kesehatan guppy adalah dari faktor makanannya, baik pakan hidup maupun buatan seperti pelet.

Pelet dapat membuat air cepat kotor, sehingga dapat menyebabkan guppy kesayanganmu terserang penyakit seperti jamur.Jika ingin menggunakan pelet sebagai pakan guppy, ada baiknya air di bersihkan atau di ganti setiap 2 hari sekali.

Sedangkan untuk pakan hidup seperti cacing dan artemia hal yang perlu di perhatikan adalah pada tahap pencucian/pembilasan. Pencucian atau pembilasan pakan hidup sebelum di berikan keguppy sangatlah penting, dikarenakan kita tidak mengetahui pakan hidup tersebut apakah bebas bakteri atau tidak.

Di ekosistemnya berasal pakan hidup bisa saja banyak mengandung bakteri yang dapat mengganggu kesehatan guppy. Sebaiknya sebelum pakan hidup di berikan untuk guppy benar-benar pastikan bahwa pakan hidup tersebut bebas bakteri dan penyakit, kalau perlu bilaslah 2-3 kali dengan air bersih.

Lalu bagaiman jika ikan guppy sakit?

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengobati ikan guppy yang terlihat sakit adalah dengan menggunakan garam dapur. Pengunaan garam dapur ini adalah untuk meningkatkan salinitas atau kandungan garam dalam air.

Dikarenakan kebanyakan penyakit ikan bersumber dan menginfeksi melalui air. Kandungan garam yang tinggi dapat membunuh penyakit yang terkandung didalam air.

Selain itu kandungan garam yang tinggi juga dapat membantu kulit ikan dalam memproduksi lendir yang melindungi kulit ikan tersebut dari kuman maupun parasit eksternal (penyakit yg bermula dari kulit ikan).

Bagaimana tahapan mengobati guppy yang sakit dengan garam dapur?

Hal pertama yang perlu di lakukan adalah:

  1. Memisahkan guppy yang sakit dari koloninya 
  2. Siapkan tempat/wadah khusus untuk mengkarantina guppy yang sakit,
  3. Isi wadah tersebut dengan air yang sudah di tambah garam dapur dengan perbandingan 1 sendok garam dapur/ 2 liter air yang telah di endapkan ,
  4. Masukan ikan kedalam wadah yang telah berisi air garam tersebut,
  5. Biarkan ikan selama 1-2 hari di dalam air garam tersebut hingga ikan terlihat sehat kembali,
Mungkin itu sedikit ilmu yang bisa saja nanti akan bermanfaat bagi kita semua para breeder ikan hias guppy. Kalau ada kritik dan saran boleh hubungi kita via WA 089624595090. Yuk kita tingkatkan selalu Kualitas Guppy Indonesia. 

    Posting Komentar

    Author Name

    Formulir Kontak

    Nama

    Email *

    Pesan *

    Diberdayakan oleh Blogger.