Ukuran Aquarium Untuk Guppy | Guppy Fish Indonesia

Guppy yang awal hanya ikan air payau/rawa, dewasa ini menjadi sangat trend di antara deretan ikan-ikan hias bahkan lebih populer ketimbang pendahulunya seperti Arowana, Louhan, Cupang/Betta, Mas Koki, Koi, Plati, dan ikan Hias lainnya.
Bukanya hanya varian warna nya yang banyak dan mengunakan sistem line (garis keturunan), tapi juga karna perawatan yang simple dan membutuhkah aquarium yang tidak begitu besar.

Ukuran Aquarium yang diperlukan untuk sepasang guppy bervariasi. Kami menyarankan untuk 1 pasang guppy, ruang yang digunakan hanya sekitar 1-5liter air dan tidak lebih. Dan ini berlaku untuk kelipatanya. 

1. Melihara Guppy dalam Soliter Kecil.
Banyak orang yang mengunakan soliter kecil untuk memelihara guppy. Yang mana keuntungannya ialah tidak banyak mengunakan air, mudah dibersihkan, mudah di kontrol, mudah pengobatan kita guppy sedang sakit. 

Melihara Guppy dalam Soliter Kecil.
photo by: David Jerez
2. Melihara Guppy dalam Aquarium Sekat dan Mengunakan System Under Gravel.
Sistem ini banyak digunakan oleh Guppy Lover dari daratan Asia Timur seperti Hongkong, Taiwan, China, dan juga Thailand. System ini membutuhkan modal tidak sedikit. Yang mana perlu perhitungan yang sangat mendetail dalam membuatnya. Kelebihan dari system ini sangatlah simple dalam pergantian dan siklus air. Cukup memutar keran sehingga air automatis keluar dan masuk. Kekurangannya yaitu di modal yang sangat besar, dan membutuhkan air yang sangat banyak.

Melihara Guppy dgn System Under Gravel
photo by: MK Kaw

Melihara Guppy dgn System Under Gravel
photo by: MK Kaw

3. Memelihara Guppy didalam Aquascape
Ditahun 2014, Aquascape menjadi sangat trend karna keindahannya yang sungguh menawan dan mempesona. Memelihara guppy didalam aquascape, menurut kami sangatlah riskan (beresiko). Terlebih lagi apabila anda baru membeli guppy tersebut. Hal ini disebabkan perubahan suhu, kondisi, dan adaptasi ikan tersebut yang kurang balance (imbang). Dan juga perebutan oksigen antara guppy dan tanaman di aquascape. Dan lagi, bisa jadi tanaman aquascape memiliki bakteri yang mampu menempel pada ekor guppy jantan sehingga meningkatkan kemungkinan fin root, dropsi dan beberapa macam penyakit lainnya .

Kami menyarankan, apabila Guppy Loverz ingin mengunakan system aquascape anda diharapkan memelihara guppy dari kecil yaitu mulai dari burayak ataupun umur 1 bulan. Karna ikan kecil lebih mudah beradaptasi dengan habitat yg sangat ekstrim.



Jadi ada banyak system atau cara untuk memelihara dan budidaya guppy. Belum lagi teknik memelihara di kolam. Tapi kami tidak menyarankan hal tersebut karna akan merusak genetika ikan. Hal ini disebabkan sulitnya mengontrol ikan guppy di dalam kolam.

Jadi apabila saat ada memelihara guppy bertemu dengan salah satu penyakit seperti fin root, dropsy dan lainnya, segera kuras air hingga 2-3cm atau ambil ikan tersebut dengan kemudian berikan garam. Rasionya 1 sendok garam  =2 liter air. 

Posting Komentar

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.