Makanan Alami atau Makanan Buatan Pabrik yang lebih Disukai Guppy | Guppy Fish Indonesia


Makanan guppy tidaklah terlalu sulit, di alam liar makanan ikan guppy berupa plankton dan binatang air yang kecil serta lumut kecil. Di dalam kolam pembudidayaan makanan ikan Guppy terbagi dua, makanan buatan dan makanan alami. 

Makanan buatan antara lain; pelet halus, tahu putih, roti tawar, kuning telur yang sudah direbus atau sisa makanan lain. Sedangkan makanan alami bisa berupa artemia, kutu air,  microworm, jentik nyamuk, cacing halus dan yang lainnya.


Dalam pemberian makanan terhadap ikan guppy sebaiknya di seimbangkan antara makanan alami dan makanan buatan, hal ini untuk meningkatkan napsu makan ikan guppy.

Makanan pelet bisa saja dijadikan makanan utama sedangkan makanan yang lain bisa dijadikan makanan pengganti, tetapi harus diperhatikan dalam memilih pelet, pilihlah pelet yang kwalitasnya baik, jangan memilih pelet yang kwalitas gizi dan proteinnya rendah apalagi mudah membuat air kotor sehingga ikan gampang stress.

Sebaiknya makanan pengganti diberikan dua atau tiga hari sekali, bisa berupa makanan alami bisa juga makanan buatan berupa tahu atau roti tawar. Tahu dan roti tawar sangat baik untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh ikan guppy dari serangan penyakit, terutama buat burayak, namun porsi harus tetap di perhatikan karna bila terlalu banyak dan sisa makanan tersebut tidak segera di angkat dan di buang di khawatirkan akan menjamur dan menimbulkan bibit penyakit.

Jentik nyamuk sangat baik untuk indukan yang sedang dalam tahan perkawinan, biasanya dari pengalaman indukan yang di beri makanan berupa jentik nyamuk hasil produksinya akan lebih baik.
Microworm juga sangat baik diberikan kepada burayak yang baru lahir minimal usia tiga hari sampai satu minggu, burayak yang baru lahir dan diberi makanan microworm sebelum mengenal makanan berupa pelet tingkat kematiannya sangat rendah.

Akan tetapi, pemberian pakan terbaik adalah pakan alami (kutu air). Hal ini karna dapat membuat ikan lebih aktif dan warna ikan pun akan menjadi lebih hidup. 

Permberian pakan buatan seperti pelet ataupun roti dapat membuat air cepat kotor serta gampang terkena lumut.

Posting Komentar

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.