Teknik dan Cara Persilangan Guppy Untuk Menghasilkan Jenis Baru | Sale Guppy Fish Indonesia

Untuk menghasilkan guppy jenis baru, ada proses yang sangat panjang sebelum mendapatkan hasil maksimal. Disini admin akan menjelaskan point-point penting yang harus diketahui sebelum menciptakan guppy jenis baru.
Hal terpenting sebelum melakukan persilangan adalah Mempersiapkan Indukan terbaik, yang murni yang belum tercampur dgn jenis lain , mengetahui mengenai form dan struktur genetika pada ikan. Kemudian cara perawatan anakan hingga proses sortir anakan yang bagus. Yuk mulai kita bahas topik ini. (Baca juga : Cara Budidaya Ikan Hias Guppy)



Ow ya, jangan lupa tentukan tujuan dari budidaya tersebut, apakah memperbanyak ataukah menghasilkan guppy jenis baru yaitu dengan cara persilangan. 

TENTUKAN TUJUAN PERKAWINAN SILANG

Agar didapatkan jenis guppy yang baru dan berbeda dari indukkan?? Kita haruslah kerja keras dan teliti. Agar ikan guppy dapat laku di pasaran, pastiny ikan haruslah berkualitas di atas standart pasar. Untuk itu dibutuhkan benih / bibit guppy yang baik agar didapat hasil lebih sempurna dari induknya. Dan dapat membuat ikan tersebut menjadi mempunyai corak yang indah. 

Cara Silang Ikan, Cara Silang Guppy, Inbreed Teknik

Ikan guppy atau yang kerap disapa gapi ini bersifat ovovivipar, yaitu pembuahan (berkembang) terjadi di dalam tubuh, embrio disimpan dan terus berkembang dalam tubuh induk, akan dilahirkan sebagai anak setelah kurang lebih 20 hari atau lebih masa kehamilan. Ikan guppy betina mampu menyimpan sperma (membuahi) dalam tubuhnya sehingga dari satu kali perkawinan singkat dapat melahirkan sampai tiga kali dengan jarak waktu antar kehamilan 7-43 hari, dengan selang waktu antara melahirkan anak / burayak guppy dengan pemisahan induk betina dari jantannya berkisar 16-35 hari.

Jadi pilihlah indukan yang belum pernah dikawinkan sebelumnya atau persiapkanlah persilangan ikan guppy benar2 sejak usia ikan 1 bulan. Sebelum melakukan persilangan diharapkan kita haruslah mengetahui jenis2 guppy secara umum agar kita mengetahui GOAL dari persilangan guppy ini.

JENIS IKAN GUPPY

Nah, sebelu menyilang guppy, para breeder guppy wajib tau warna dasar ataupun corak dasar guppy agar lebih mudah melakukan pesilangan guppy nantinya. Pada umumnya ikan Guppy memiliki jenis sebagai beriku yaitu:
- Albino Solid Colour,
- Solid Moskow / Non Moskow,

- Lace Body,
- Metal Body,

- Snake Skin Body,
- Tuxedo / Half Black Body, dan,
- Grass Tail,
- Mosaic Tail,
- Short Tail
 
(Baca juga : 100 Type dan Jenis-Jenis Ikan Guppy)

ALAT-ALAT YANG DIBUTUHKAN

Sebelum melakukan budidaya atau persilangan harap siapkan peralatan seperti Aquarium, bisa juga Baskom atau Ember atau Toples ukuran 5liter ataupun wadah lainnya. Disarankan mengunakan wadah yang transparant sehingga memudahkan pada proses Sortir. (Baca juga : Media dan Pelengkapan untuk Budidaya Guppy)

SIAPKAN INDUKAN 

Setelah kita menyiapkan calon calon indukan sebelum proses persilangan, diharapakan kita tanya2 kepada senior senior guppy sebelum mencoba menyilangankan ikan guppy. 

Sedikit admin akan memberi rahasia kepada teman-teman. Setiap warna pada hewan terdiri dari warna terang dan gelap. Termasuklah ikan guppy. Guppy berwarna gelap memiliki sifat lebih dominant dan yang berwarna terang bersifat resesif atau lemah. 

Jadi apabila kita ingin menyilang ikan guppy yang bersifat dominant ada baiknya apabila kita melemahkan genetiknya agar GOAL untuk Jenis yang kita inginkan kita cepat tercapai. Namun, GOAL kita itu sendiri tidak semudah yang kita bayangkan dalam mengapainya. Butuh banyak waktu untuk menghasilkan guppy silangan yang bagus.

PERAWATAN 

Seperti perawatan biasanya, ikan cukup diberi makan 2x sehari dan pembersihan 3hari sekali. Kemudian, perhatikan selalu kesehatan ikan yang akan kita silang tersebut. Apabila ingin memberi pakan alami, selalu lah bersihkan pakan alami sebelum diberikan kepada ikan. (Baca juga : Perawatan Guppy Agar Cepat Besar)

PEMIJAHAN

Sudah dapat diketahui induk betina yang hamil dengan cara menerawang / melihat adanya daerah gelap pada bagian belakang sirip anal guppy dan perutnya sedikit membengkak. Induk ikan yang tidak hamil diambil dan dimasukkan ke dalam wadah pemeliharaan induk, sementara induk yang hamil dibiarkan disatukan atau disatukan ke wadah yang lain.

PROSES LAHIRAN 

Jumlah anak guppy dari setiap kelahiran berkisar antara 10-100 ekor dengan perbandingan jenis kelamin sekitar 1:1. Anak ikan guppy yang lahir dipisah dari induk agar tidak terjadi persaingan dalam mendapatkan makanan. Selain itu, agar induk guppy tersebut mendapatkan makanan yang cukup sehingga kehamilan keduanya dapat menghasilkan anak dengan jumlah yang maksimal.

PEMBESARAN ANAKAN 

Pemberikan Pakan Anak Ikan yang baru lahir belum membutuhkan makanan. Setelah berumur satu hari, anak ikan diberi makan Artemia atau Kutu air yang kecil atau pelet halus. Sebaiknya pergunakan Artemia biar perkembangan anakan guppy lebih merata. Pemeliharaan anak ikan guppy import hias sebaiknya di ruangan yang bisa terkena sinar matahari sedikit agar warnanya semakin cemerlang. Wadah pemeliharaan anak ikan dapat berupa aquarium, bak beton atau bak plastik yang cukup luas yang dilengkapi dengan sistem aerator. Pergantian air ikan dilakukan minimal setiap seminggu sekali atau paling baiknya dua hari sekali sebanyak 20% -30% dari volume wadah pemeliharaan. Misalkan Airny ada 10 liter berarti paling banyak di ganti 3 liter (10literx30%) (Baca juga : Perawatan Guppy Agar Cepat Besar)

PROSES SORTIR

Fase Seleksilah jenis kelamin dapat dilakukan setelah anak ikan guppy berumur satu bulan dengan cara melihat ciri kelamin sekundernya seperti sirip ekor lebih panjang, warna lebih bagus dan sirip anal yang runcing. Sebagian besar anak ikan betina yang dihasilkan bisa dijual atau dibuang dan sisanya dapat dipelihara lebih lanjut untuk dijadikan calon induk F2.









Apabila ada pertanyaan seputar guppy, kami siap melayani Anda. Silahkan klik gambar dibawah!!


Posting Komentar

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.