Perawatan Agar Guppy Cepat Besar dan Berkualitas | Sale Guppy Fish Indonesia


Anda pecinta ikan hias dan ingin tahu cara atau panduan memelihara ikan hias Guppy? Bila Anda senang dengan ikan hias, tidak ada salahnya untuk memilih memelihara Guppy, khususnya Guppy yang Berkualitas!! Karna di Tahun 2018 Guppy akan menjadi Primadona untuk kelas ikan hias kecil.


Guppy si Ikan Popular di Seluruh Dunia

Ikan hias guppy atau gobby ini sangat popular di dunia. Mulai dari negri Taiwan, Jerman, Italy, France, Thailand, Singapore, Japan, USA, Brazil dan negara lainnya. Ikan Guppy ini memiliki bentuk yang mungil tetapi dengan sirip ekor yang lebar dan varian yang sangat banyaksehingga terlihat cantik. Bentuknya yang indah itulah yang membuatnya sebagai pilihan utama para penghobi untuk memelihara ikan hias ini dalam akuarium. Karna guppy memiliki lebih dari 100 Jenis yang tersebar di seluruh Indonesia. (Baca juga: 100 Jenis dan Tipe Guppy yang Ada Diseluruh Dunia). Dibanding ikan koki, tetra, kardinal, neon, angle, discus, rasbora, arwana, louhan maupun ikan aquascape lainnya, ikan Guppy lebih gampang dalam pemeliharan serta juga lebih memiliki daya tahan hidup dan pembudidayaan yang sangatlah mudah. Baca juga: Cara dan Teknik Budidaya Guppy


Dari Rawa Hingga International

Ikan Guppy awalnya merupakan ikan rawa dengan nama latin Poecilia Reticulata Guppy dan memiliki nama lain yang berbeda-beda disetiap tempat seperti gufy, gobby, kapikapi, ikan cerek dan banyak lagi. Ikan ini juga tidak terlampau menuntut lingkungan air bagus dan bersih untuk hidupnya. Yang penting diperhatikan, air harus  cukup oksigen dan makan, sehingga si ikan Guppy dapat hidup serta berkembang dengan baik. Untuk harganya sendiri kita mampu membelinya, harga ikan yang berkembang biak dengan cara beranak ini juga relatif murah, yakni sekitar Rp 2 sampai 5 ribu perekor anakan. Namun sekarang guppy telah dikembangkan dalam waktu singkat oleh negara besar seperti Thailand, Taiwan dan Malaysia sehingga ikan guppy harganya mampu memcapai 5jt per pasangnya. Fantastis untuk harga sepasang ikan kecil namun setimpal dengan keindahan yang dihasilkannnya.

Jenis dan Type Guppy

Jenis atau type ikan hias Guppy cukup banyak, umumnya dikelompokkan menurut bentuk atau ukuran ekornya, seperti short tail, untuk jenis ekor pendek, sword tail untuk ekor panjang, dan wide tail untuk ekor lebar. Dari jenis-jenis inilah lalu dibiakkan untuk mendapatkan varietas yang semakin bagus dengan warna lebih indah, seperti ribbon atau swallow. Saat ini adalah lebih dari 100 jenis dan tipe Ikan Guppy di seluruh Dunia. Baca disini tentang jenis guppy lengkap dengan asal negara dan breedernya >> http://www.jualguppy.com/2017/01/jenis-dan-type-guppy-versi-jualguppycom.html

Membedakan Guppy Jantan dan Betina

Lantas bagaimanakah cara kita membedakan yang jantan dengan yang betina? Begini, Guppy betina cenderung lebih gemuk dengan rona, warna yang redup atau kurang cerah, sedangkan Guppy jantan lebih ramping dibagian badannya serta warna yang cerah. Ikan betina yang sudah dibuahi bisa menghasilkan sampai 60 hingga 120 ekor anakan dalam sekali pembuahan. Jadi kita tidak akan pernah rugi deh apabila ingin membeli guppy yang berkualitas karna kita akan puas dengan hasil yang akan kita dapat.


Cara Perawatan dan Pemijahan Ikan Guppy 

Perawatan ikan guppy sangat mudah, cukup sipon 2 hari sekali dan pemberian pakan 3 hari sekali. Usahakan pemberian live food kepada guppy bertujuan agar ikan lebih aktif dan lebih cantik.

Untuk pembuahan gupoy  hias,  hal ini perlu dilakukan dengan menyilangkan beberapa jenis dan type varietas untuk mendapatkan hasil yang bagus. Contohnya, Anda dapat menyilangkan Guppy jantan yang memiliki warna spesifik dengan Guppy betina ekor lebar untuk mendapatkan benih Guppy ekor lebar dengan warna yang menarik. Misalkan Albino Full White dengan Albino Full Red, nanti kemungkinan akan menghasilkan jenis-jenis baru namun akan sangat sulit menstabilkan jenis baru tersebut. Dibutuhkan konsistensi yang sangat tinggi untuk menjaganya.

Untuk pemijahan dapat dilakukan dengan mengabungkan sepasang guppy yang telah berumur lebih dari 3bln. Kenapa 3 bulan?? karna 3bulan sudah matang dan lebih siap apabila di kawinkan.



Pemeliharaan Dan Perawatan Guppy

Pemeliharan serta perawatan ikan hias Guppy relatif gampang. Berikut sebagian panduan memelihara ikan hias Guppy, termasuk tips pemijahannya, yang bisa Anda kerjakan sendiri:

Air dalam akuarium baiknya diganti 1 atau 2 minggu sekali atau bergantung kekeruhan air. Dam Jaga suhu atau temperature air stabil pada 15 – 27 derajat celcius. Apabila suhu terlalu rendah atau musim pengujan, kurangi airnya hingga 50 persen agar ikan tidak kedinginan.

Guppy Cepat Besar

Akuarium perlu memiliki cukup oksigen. Untuk itu Anda dapat memberikan air pump atau alat untuk menyemburkan gelembung air supaya oksigen dalam akuarium terjaga.

Untuk makanan, baiknya diberikan 2 x 1 hari serta janganlah terus-terusan dikasih makan. Makanan dapat diperoleh secara alami, seperti lumut, jentik-jentik, ataupun cacing. Namun karena mulut ikan Guppy sangat kecil, sebaiknya potong atau bentuk makanan itu jadi kecil-kecil untuk memudahkan masuk ke mulut Guppy. Bila tidak tentunya akan repot, dan makanan Guppy juga dapat dibeli di toko ikan hias.  Baca juga: Cara Merawat Guppy Supaya Tidak Gampang Mati

Pemijahan Guppy 

Untuk pemijahan, Anda perlu memisahkan indukan jantan dengan indukan betina yang siap kawin dalam tempat terpisah. Indukan betina yang siap kawin biasanya dicirikan dengan adanya bercak noda hitam di bagian perut belakangnya. Anda sebaiknya menentukan indukan yang bagus juga bila menghendaki hasil varietas yang bagus, baik menyangkut warna ataupun bentuk ekornya. Pemijahan dapat dilakukan selama 3 bulan dengan sebulan sekali kelahiran.


Apabila ada pertanyaan seputar guppy, kami siap melayani Anda. 
Silahkan klik gambar dibawah!!

Perawatan Guppy Agar Cepat Beranak dan Cepat Besar di Aquarium

Posting Komentar

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.